Sabtu, 16 Oktober 2010

Cuaca Buruk Berulang Hingga Februari 2010

Cuaca Buruk Berpeluang Hingga Februari 2010
Monitor Cuaca BMKG/ilustrasi. (ANTARA/Fanny Octavianus)
Serang (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang memperkirakan cuaca buruk bepeluang akan terjadi di wilayah Selat Sunda dan sekitarnya hingga awal Februari 2010.

Pengamat BMKG Serang Mardjidiyanto di Serang, Sabtu, mengatakan, kecepatan angin di Selat Sunda bagian Selatan termasuk beberapa wilayah pantai Anyer dan sekitarnya diperkirakan mencapai 15 knot dan tinggi gelombang hingga 1,5 meter.

"Cuaca buruk di wilayah Banten khusunya dipengaruhi daerah tekanan udara tinggi (depresi) diantaranya di Selatan Nusa Tenggara dan di Jawa Barat," katanya.

Akibatnya, kata dia, di beberapa daerah termasuk Banten pertumbuhan awan dan hujan meningkat serta kecepatan angin masih tinggi. Sehingga kondisi tersebut masih mengkhawatirkan untuk aktifitas pelayaran terutama di wilayah Selat Sunda bagian Selatan dan juga bagi aktifitas wisatawan yang sedang berlibur dihimbau tetap berhati-hati.

Sementara itu, wilayah Selat Sunda bagian utara atau di wilayah penyeberangan Merak-Bakauheni angin dari Timur dan Selatan dengan kecepatan 0,4 hingga 12 knot dan tinggi gelombang 0,5 hingga 0,8 meter.

Sedangkan di Selat Sunda bagian Selatan angin bertiup dari arah Timur-Selatan dengan kecepatan 0,6 hingga 15 knot dan tinggi gelombang mencapai 1 hingga 1,5 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar